Energipos.com/Terbarukan/Proyek

shadow

Hore, PLTP Kamojang Unit 5 (35 MW) Mulai Beroperasi

ENERGIPOS.COM, JAKARTA--Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 5 mulai beroperasi. Terhitung sejak 29 Juni 2015 pukul 00.00 WIB pembangkit listrik yang berlokasi di Garut, Jabar ini memasok 35 MW ke jaringan listrik PLN.

Menurut VP VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, PLTP Kamojang Unit 5 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan PT Rekayasa Industri dan Sumitomo sebagai pelaksana Engineering Procurement and Construction (EPC).

"PLTP Kamojang Unit 5 dirancang berkapasitas 35 MW dengan nilai investasi sekitar US$ 104 juta atau sekitar Rp 1,35 triliun," ujar Wianda di Jakarta, Sabtu (4/7/2015). Sedang PGE adalah anak perusahaan Pertamina yang membidangi usaha panas bumi.

Menurut Wianda pembangunan proyek PLTP Kamojang Unit 5 dimulai sejak September 2013 ini selesai lebih cepat dua bulan dari kontrak. "Ini menjadi prestasi bagi Pertamina dan PGE," papar Wianda.

Dia menambahkan proyek ini menjadi salah satu milestone penting bagi Pertamina untuk masuk ke era bisnis total project panas bumi, di mana Pertamina menggarap panas bumi dari uap hingga menjadi listrik untuk selanjutnya dialirkan kepada PT PLN (Persero).

"Dengan demikian diharapkan pengembangan panas bumi ke depan akan bisa berjalan dengan lebih cepat lagi," kata Wianda yang juga mantan presenter Metro TV itu.(mt)

Baca Juga