Energipos.com/Terbarukan/Bisnis

shadow

Indonesia Bisa Jadi Penghasil Bioenergi Terbesar

ENERGIPOS.COM, Jakarta--Indonesia bisa menjadi penghasil energi bioenergi terbesar di dunia. Pasalnya memiliki keanekaragaman hayati yang kaya serta berada di garis khatulistiwa, dimana proses fotosintesa berlangsung sepanjang waktu.

"Potensi bioenergi terbesar. Hanya diperlukan konsistensi dan keberpihakan kebijakan untuk mewujudkannya," ujar Achdiat Atmawinata, Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) saat berbincang khusus dengan ENERGIPOS beberapa waktu lalu.

Bioenergi yang bisa dihasilkan di Indonesia bukan hanya biofuel namun juga biomassa. Bahkan berdasarkan data, potensi biomassa di Indonesia mencapai sekitar 32,5 MW. Angka ini bisa lebih besar lagi seiring penemuan teknologi baru.

Untuk biofuel, anggota DEN dari unsur perindustrian ini mengatakan perlu dilakukan budidaya secara massal terhadap komoditi bahan baku biofuel. Baik kelapa sawit untuk biodiesel maupun tebu dan singkong untuk bioethanol.

"Hanya dengan budi daya yang massal maka akan diperoleh nilai atau skala usaha yang ekonomis," papar Achdiat. Untuk itu perlu disiapkan pencadangan lahan, mekanisasi pertanian hingga pengolahan atau pabrikasi.

Sedang potensi biomassa sangat besar. Baik sampah kota maupun sampah pertanian dan perkebunan. Hanya saja pengelolaannya masih belum tertata dengan baik. Namun menjadi incaran negara lain.

Achdiat mengungkapkan biofuel juga bisa diproduksi dari biomassa dengan teknologi fermentasi generasi terbaru. Bahkan teknologi ini tengah menjadi perhatian dunia. Sebab menjadi tumpuan biofuel masa depan.(mt)

Baca Juga