Energipos.com/Terbarukan/Bisnis

shadow

WKP Danau Ranau dan WKP Lawu Segera Dilelang

ENERGIPOS.COM, JAKARTA--Pemerintah segera melelang dua Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) dalam waktu dekat. Dua WKP itu adalah WKP Danau Ranau (165 MW) di Lampung dan WKP Gunung Lawu (2 x 55 MW) di Jawa Tengah.

"WKP Danau Ranau dan WKP Gunung Lawu segera di lelang dalam waktu dekat," ujar Yunus Saefulhak, Direktur Panas Bumi, Ditjen EBTKE, KESDM kepada ENERGIPOS, Senin (13/7/2015) di kantornya Jakarta.

Menurut Yunus, kali ini lelang dilakukan oleh pemerintah pusat atau tidak lagi dilakukan oleh pemerintah daerah. Ini sesuai dengan amanat UU Panas Bumi yang baru diundangkan pada tahun 2014.

Yunus berharap lelang dapat berjalan lancar dan baik. Sehingga dihasilkan pengembang yang kompeten guna menangani sumber panas bumi di kedua wilayah kerja tersebut. Tujuannya sumber panas bumi bisa diolah menjadi listrik.

Ditambahkan oleh Yunus, pengembangan sumber panas bumi kini memang terus didorong oleh pemerintah. Sejumlah peraturan dan insentif sedang disiapkan agar investor merasa nyaman dan mendapat kepastian menanamkan modalnya.(mt)

Baca Juga