Energipos.com/Terbarukan/Bisnis

shadow

Finlandia Gunakan Kotoran Kuda Sebagai Pemanas Rumah

ENERGIPOS.COM, HELSINKI--Kotoran kuda menjadi andalan pemerintah Finlandia meninggalkan bahan bakar fosil guna memasok kebutuhan energi untuk memanaskan rumah. Diatas kertas keinginan itu bisa diwujudkan.

Seperti dilakukan media nasional Finlandia Yle, manifesto koalisi baru menyampaikan rencana skala besar penggunaan kotoran kuda sebagai sumber energi terbarukan. Mereka menyadari bahan bakar ini pilihan paling tepat.

Sebuah perusahaan energi telah mencoba campuran kotoran kuda dan potongan kayu, yang kemudian dibakar untuk menciptakan energi. Bahan bakar bio energi ini terbukti mampu menghangatkan suhu ruangan.

Kelompok Fortum menyatakan sampah tahunan yang dihasilkan tiga ekor kuda cukup untuk menghangatkan sebuah rumah keluarga selama setahun. Jumlah ini tergolong cukup untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil.

Saat ini terdapat sekitar 77.000 ekor kuda di Finlandia. Populasi hewan ini berpotensi memasok sumber energi panas bagi 20.000 rumah. Keberhasilan uji coba sumber panas berbahan baku kotoran kuda menjadi perhatian masyarakat.

Para menteri menginginkan negaranya berhenti menggunakan batu bara dan memotong impor minyak sampai setengahnya dalam sepuluh tahun ke depan. Mereka sedang berusaha mencari jalan untuk menutup kesenjangan energi.

Penggunaan kotoran kuda untuk mendapatkan energi juga akan menyelesaikan masalah pembuangan kotoran binatang. Di Finlandia, penggunaan kotoran sebagai pupuk di lahan telah dilarang karena dianggap menyumbat saluran air.(mt/bbc)

Baca Juga